PHENMA 2016

Disertasi yang Akan Meningkatkan Kinerja Biaya Proyek Konstruksi Gedung

Bapak Budi Witjaksana, S.T., M.T., Dosen Teknik Sipil Untag Surabaya mengusulkan  Penelitian Disertasi Doktor (PDD) yang berjudul “Model Activity Based Management Change Order  Untuk Meningkatkan Kinerja Biaya Proyek Konstruksi Gedung di Jawa Timur”. PDD tersebut berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari Ristekdikti.

Untuk memperluas wawasan keilmuan dibidang keahliannya yaitu Manajemen Konstruksi di Teknik Sipil,  Beliau melanjutkan studi S3 pada Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Untag Surabaya.

Beliau menjelaskan, pelaksanaan suatu proyek sangat dipengaruhi oleh costing atau biaya. Hal itu kemudian diangkat menjadi Disertasi yang menitikberatkan pada Activity Based Management Change Order. Maksudnya, biaya yang dikeluarkan akibat adanya perubahan didalam suatu proyek, memungkinkan terjadinya gangguan pada pelaksanaan proyek tersebut.

“Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan-perubahan tersebut. Pertama ketidakcermatan perencanaan yang berakibat pada penggunaan biaya, kedua ketidaktahuan pelaksana proyek yang berkaitan dengan aktifitas biaya, yang baru diketahui di akhir proyek sehingga menyebabkan pengurangan margin atau laba” ungkap Bapak Budi saat di wawancarai di Fakultas Teknik hari Senin (12/02/2018).

Variabel-variabel yang diajukan dalam Disertasi ini, antara lain bagaimana cara membreakdown efetivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan proyek, kemudian melakukan added value atau nilai tambah, jadi dengan biaya tetap, aktifitas masih berjalan lancar, bahkan jika dimungkinkan biayanya lebih sedikit namun aktifitas tetap berjalan sesuai dengan  yang direncanakan.

“Penelitian disertasi yang Saya buat ini memperkaya khasanah keilmuan khususnya di bidang Ekonomi Akuntansi, karena apa? Dalam bidang ilmu Ekonomi itu yang dikenal hanya activity base management, sedangkan saya meninjau dari sisi pelaksanaan proyek dijadikan suatu variabel baru, variabel yang memperkaya Ilmu Ekonomi yang bernama Activity Base Management Change Order

Luaran yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah disertasi (draf disertasi) yang telah disetujui pembimbing, publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi internasional. Sedangkan luaran tambahan yang diharapkan dari penelitian ini adalah model activity based management change order dan buku ajar

Untuk membuat Disertasi dapat di danai oleh Ristekdikti, Bapak Budi menjelaskan bahwa keterbaruan Disertasi harus jelas, harus terdiskripsikan dengan rinci. Pada saat diajukan untuk mendapat hibah, para reviewer pasti melihat keterbaruan penelitian Disertasi yang bersangkutan apakah layak mendapat dana atau tidak. Selain isi, juga banyak sekali format penulisan yang harus di patuhi.

“Saya sendiri sudah 3 kali mengajukan judul yang sama tetapi mengalami masalah pada format penulisan, contohnya dalam lembar pengesahan, karena Saya berhome base pada Prodi Teknik Sipil, dalam bayangan Saya pengesahannya adalah Dekan Fakultas Teknik, namun ternyata membutuhkan pengesahan dari Fakultas Ekonomi.  hal-hal fundamental itulah yang harus dipahami mengenai format penulisan” kata Bapak Budi.

Pada penghujung wawancara Bapak Budi mengucapkan terima kasih pada Ristekdikti yang mendanai Proposal Disertasinya, kemudian pada Promotor Beliau Prof. Dr. Tri Ratnawati, M.S., A.k. dan co-promotor Dr. Ir. Muslimin Abdulrahim, M.SIE. yang memberikan masukan, inspirasi maupun arahan dari sisi Economic Engineering.