PHENMA 2016

Pengabdian Masyarakat dan PKM Dosen Teknik Informatika Untag Surabaya

Rapat dosen Teknik Informatika Untag Surabaya yang dilaksanakan pada tanggal 06 Februari 2018 menetapkan lokasi kegiatan Pengabdian Masyarakat dan PKM di Pondok Pesantren At-Tahririyah Kabupaten Bangkalan, Madura. Rapat tersebut dipimpin Ir Agus Darwanto, MM selaku ketua pelaksana dan dihadiri oleh seluruh dosen Teknik Informatika.

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam  upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pondok Pesantren At-Tahririyah Kabupaten Bangkalan, Madura mempunyai banyak mesin jahit yang tidak terpakai, disebabkan oleh pendahulu mereka tidak mewariskan ketrampilan mengoperasikan mesin jahit kepada generasi berikutnya. Terdapat 15 mesin jahit dinamo dan 8 mesin jahit modern. Oleh karena itu perlu diberikan pelatihan kepada warga pondok pesantren agar keberadaan mesin-mesin jahit tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal. Diharapkan, dengan ketrampilan menjahit yang dimiliki oleh warga pondok pesantren akan bisa memberikan kontribusi dalam rangka menggerakkan perekonomian masyarakat.

Program selanjutnya adalah membuatkan website bagi pondok pesantren sebagai wadah untuk menginformasikan agenda kegiatan pesantren, memberitakan kegiatan pesantren dan sekaligus sebagai  media promosi. Dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan warga pondok pesantren, juga diberikan pelatihan produk sablon, pin berikut cara memasarkanya.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM), yang juga dilaksanakan di lokasi yang sama merencanakan beberapa kegiatan yang pendanaannya akan diusulkan dalam program hibah Kemenristek Dikti. Kegiatan yang dimaksud adalah membuat radio pondok pesantren, kemudian pondok pesantren Net, yaitu jaringan internet yang bertujuan agar semua lapisan masyarakat bisa mengakses internet dengan cepat dan mudah. Demikian pula kegiatan yang berupa pembuatan dan pemanfaatan Solar Cell sebagai sumber energi alternatif bagi masyarakat dalam rangka mendukung program pemerintah tentang hemat energi.