PHENMA 2016

Sistem Pengenalan 5 Ekspresi Wajah Manusia

Bapak Bagus Hardiansyah, S.Kom., M.Si dan anggotanya Ibu Puteri Noraisya, S.ST., M.IM Dosen Prodi Teknik Informatika Untag Surabaya, merancang Sistem Pengenalan Berbagai Ekspresi Wajah pada Manusia. Penelitiannya berhasil mendapatkan hibah dari Ristekdikti tahun ini.

Teknologi smartphone atau komputer pada saat ini telah banyak memiliki fitur-fitur  canggih, salah satunya adalah pengenalan wajah yang digunakan untuk mendeteksi umur atau senyuman.

“Kita menggolongkan kategori ekspresi wajah tidak hanya senyum, tetapi ada 5 jenis yaitu ekspresi normal, senyum, marah, bahagia dan sedih” jelas Bapak Bagus saat di konfirmasi di ruangannya hari Jumat (02/02/2018).

Sedangkan untuk pengembangannya, penelitian ini dapat dikontribusikan kepada bidang psikologi dan keamanan. Pada bidang Psikologi, biasanya mengkaji arti dari setiap ekspresi yang ditampilkan oleh manusia. Untuk bidang keamanan, yakni menggunakan Video Surveillance System yang ditempatkan di fasilitas umum seperti bandara, stasiun, terminal maupun mall untuk mendeteksi adanya kejahatan dengan mendeteksi ekspresi-ekspresi setiap orang.

Data set dari penelitian ini dari warga Negara Indonesia dengan spesifikasi Surabaya. Penelitian ini dikontribusikan untuk Untag Surabaya sendiri karena di kampus luar sudah terdapat data set sendiri. Data set yang dimiliki ini tingkat akurasinya cukup bagus, dan dapat digunakan untuk penelitian-penelitian selanjutnya.

“Ada 2 saran dalam penelitian untuk bisa diterima oleh Ristekdikti. Pertama, penggalian ide harus original, kedua bisa memakai ide yang telah ada, tetapi dikembangkan dengan metode lain yang lebih baik dari sebelumnya", tambah Ibu Puteri Noraisya.

Diakhir wawancara, mereka mengucapkan terima kasih pada Ristekdikti yang mendanai penelitiannya, kemudian Untag Surabaya terutama LPPM yang telah memberi wadah bagi dosen-dosen yang melakukan penelitian. Mereka mengharapkan penelitian ini akan banyak memberikan manfaat serta dapat dikembangkan lagi.