PHENMA 2016

Sistem Kecerdasan Buatan untuk Membantu Penyandang Tuna Netra

Dosen Teknik Informatika UNTAG Surabaya, Elsen Ronando, S.Si., M.Si., M.Sc. dan Aris Sudaryanto, S.ST., M.T., tahun ini berhasil memperoleh dana hibah penelitian dosen pemula dari Ristekdikti. Penelitian tersebut berjudul “Sistem Konverter Karakter Braille ke Audio Berbasis Citra dan Naive Bayes”.

Penelitian kedua Dosen Teknik Informatika Untag Surabaya ini, diawali oleh kepedulian mereka terhadap penyandang tuna netra. Penelitian ini memudahkan para penyandang tuna netra membaca huruf braille. Mereka tidak perlu lagi meraba hurufnya, tetapi langsung bisa mendengarkannya.

“Jadi biar simpel, misalnya dalam Ujian Nasional para penyandang tuna netra bisa lebih fokus pada soal ujian. Mereka sudah tinggal mendengarkan, karena karakter braille sudah di konversi dalam bentuk audio” jelas Elsen Ronando, S.Si., M.Si., M.Sc. saat diwawancari pada hari Senin (29/01/2018)

Aris Sudaryanto, S.T., M.T. menambahkan bahwa penelitian ini menggunakan metode berbeda dari penelitian lain yang sejenis. “Penelitian yang sudah ada, rata-rata mengkonversi huruf braille menjadi text, atau text menjadi audio. Disitu kan ada mising link, kita ambil ranah tersebut untuk diteliti” ungkap Aris Sudaryanto, S.T., M.T.

Kepada rekan-rekan dosen yang lain, Aris Sudaryanto, S.T., M.T. menyampaikan tips untuk mendapatkan hibah DIKTI, "Memang format penulisan merupakan faktor yang sangat penting dalam penelitian, disamping faktor keterbaruan dan azas manfaat".

Diakhir wawancara, kedua dosen Teknik Informatika Untag Surabaya tersebut mengucapkan terima kasih pada Ristekdikti yang telah mendanai penelitian mereka pada tahun ini, dan juga LPPM Untag Surabaya yang selalu mendukung dan memfasilitasi dosen dalam melakukan penelitian.