PHENMA 2016

Aplikasi Mobile Untuk Penderita Diabetes

Ibu Enny Indasyah, S.ST., M.T., M.Sc., menciptakan penelitan yang berjudul “Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Reduksi Stres Penderita Diabetes dengan Memanfaatkan Strategi Coping dan Dukungan Sosial”. Penelitian ini berhasil didanai oleh Ristekdikti tahun ini.

Indonesia termasuk salah satu Negara terbesar yang terjangkit diabetes. Tidak hanya orang berumur saja, tetapi anak muda pun ada yang terjangkit diabetes. Efek yang ditimbulkan diabetes bisa sangat parah hingga menimbulkan seseorang kehilangan nyawanya. Penyebabnya selain makanan, juga bisa ditimbulkan oleh stres.

“Untuk mengukur tingkat stres dibutuhkan Ilmu Psikologi, maka dari itu dalam penelitian ini, Saya bekerjasama dengan Dosen Psikologi Ibu Alifia Ananta dari Untag juga” ungkap Dosen Teknik Infomatika Untag Surabaya ini.

Beliau menjelaskan, dengan strategi coping, kita bisa membatasi tingkat stres seseorang. Aplikasinya sangat mudah digunakan oleh berbagai kalangan, aplikasi ini memberi peringatan, nasehat-nasehat untuk penderita diabetes, bahkan juga sudah disebutkan obat-obat apa yang digunakan dalam kondisi-kondisi tertentu.

“Aplikasi yang kita buat ini tidak kompleks banget kok sangat user friendly, jika memang ada orang tua yang tidak bisa mengoprasikanya. Aplikasi ini bisa digunakan pada HP anaknya untuk menyampaikan nasehat-nasehat yang di berikan” tambah Ibu Enny saat di konfirmasi di ruanganya Senin (29/01/2018).

Beliau mengucapkan terima kasih pada LPPM Untag Surabaya yang membimbing proposal, Ristekdikti yang mendanai penelitian ini, dan semoga dengan penelitian ini dapat mengurangi penderita diabates di Indonesia.