PHENMA 2016

Penelitian Tata Letak Fasilitas UKM yang Lebih Efektif dan Efisien

Bapak Hery Murnawan, S.T., M.T., dan anggotanya Putu Eka Dewi Karunia Wati, S.T., M.T, Dosen Teknik Industri Untag Surabaya, tahun ini berhasil mendapatkan hibah penelitian dari Ristekdikti. Penelitian tersebut berjudul “Kajian Tata Letak Fasilitas (Layout) Terhadap Produktifitas dan Harga Pokok Produksi Pada UKM Peleburan Logam”.

Penelitian ini dilatarbelakangi tidak maksimalnya proses produksi UKM Peleburan logam CV. Cahaya mulya. UKM ini membuat produk seperti pulley, baling-baling perahu kecil, pagar dan sejenisnya. Pembuatan produk dilakukan dengan melakukan pencetakan menggunakan cetakan tanah dan cetakan logam. Permasalahanya adalah jarak antar alat-alat ini berjauhan, sehingga ketika logam yang bersuhu 850 – 900°C dipindahkan, suhunya menjadi turun.

“Penurunan suhu ini berakibat pengentalan pada cairan logam, dan dampaknya banyak kecacatan produk disitu. Nah, sesuai dengan bidang keahlian saya, hal ini dapat diteliti lebih lanjut untuk menemukan solusi layout yang lebih efisien” ungkap Bapak Hery.

Menurut Bapak Hary, penelitian bisa diterima oleh Ristekdikti dikarenakan dari beberapa penelitian yang lain, perancangan tata ulang pabrik yang Beliau buat, adalah kajian yang lebih baru.

“Hal ini sangatlah dibutuhkan oleh UKM tersebut, UKM merancang  layout  tidak melalui proses perhitungan tertentu. Seharusnya dikerjakan dengan perhitungan yang matang sehingga lebih efektif dan efisien” kata Bapak Hery saat diwawancarai pada hari Jumat (27/01/2018).

Bapak Hary memberi tips untuk menciptakan penelitian yang bagus, Beliau sering berkonsultasi dengan pakar-pakar penelitian yang ada di LPPM Untag Surabaya. Pada akhir wawancara Beliau mengucapkan banyak terima kasih khususnya pada Ristekdikti yang memberikan hibah, Fakultas Teknik Untag Surabaya dan LPPM Untag Surabaya.