PHENMA 2016

Pemerataan Pembangunan Di Semua Sektor Wujud Kebangkitan Nasional

UNTAG Surabaya melaksanakan Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati 109 Tahun Hari Kebangkitan Nasional, tanggal 20 Mei 2017. Upacara Bendera Merah Putih berlangsung hari ini, Senin (22 Mei 2017) bertempat di Lapangan Parkir Utara serta diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan.

Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017 adalah, “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan  Nasional”. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam pidatonya mengatakan, Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Yusuf Kalla sejak awal pemerintahan telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Pemerataan pembangunan antarwilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Rudiantara menyebutkan, pada awal tahun 2017 ini kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk masih sekitar 40 prosen. Menurutnya, persoalan pemerataan hampir merupakan masalah semua bangsa. Bahkan negara-negara maju pun masih berkutat dengan kesenjangan yang sama. Beberapa bahkan mencatat indeks yang lebih tinggi, lebih senjang, dibanding Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan di segala sektor. Di sektor kelistrikan, pemerintah telah membangun tenagakelistrikan pada 2.500 desa yang belum mendapatkan aliran listrik. Selain itu, pemerintah juga memberlakukan kebijakan subsidi listrik yang difokuskan pada masyarakat menengah ke bawah, sehingga bisa dilakukan relokasi subsidi listrik sebedar Rp 12 triliun, dialihkan untuk menunjang sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Upaya lain yang dilakukan pemerintah adalah pemerataan pada sektor agraria, sektor kominfo, dan sektor-sektor lainnya.

Rudiantara berharap, agar semua pihak saling menguatkan dan mendahuluan kepentingan bangsa di tengah-tengah persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia. Karena dengan semangat untuk tidak meninggalkan satu orang pun tercecer dalam gerbong pembangunan maka Negara Kesatuan Republik Indonesia akan tetap jaya.

Adapun Inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2017 di UNTAG Surabaya adalah Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Dr. RA. Retno Hastijanti, M.T. Sedangkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiwa (Menwa) Satuan 816 bertindak sebagai petugas upacara.