Home

Event

Jadwal kegiatan eksternal dan internal (Workshop, Lokakarya, Seminar dan Kuliah Tamu) di Fakultas Teknik bulan Februari 2019.
Read More

Pengumuman

Informasi penting yang dikeluarkan oleh Rektorat atau Dekanat ditujukan kepada mahasiswa.
Read More

Penghargaan

Capaian Prestasi Dosen dan Mahasiswa di Fakultas Teknik baik Dalam Negeri maupun Luar Negeri.
Read More

Alumni

Informasi untuk para Alumni Fakultas Teknik untuk mendapatkan berita terupdate baik dari Prodi maupun ORKEM.
Read More

Berita Fakultas


Dua Dosen Teknik Informatika Untag Surabaya Elsen Ronando, S.Si., M.Si., M.Sc., bersama anggotanya Aris Sudaryanto, S.ST., M.T., berhasil menyelesaikan Peneltian Dosen Pemulanya (PDP) yang berjudul “Sistem Konverter Karakter Braille ke Audio Berbasis Citra dan Naive Bayes. Penelitian yang didanai Ristekdikti ini sudah memasuki tahap
finishing.

Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem yang bisa mengkonversi huruf braille ke bentuk audio atau suara. Pada awalnya citra dari sebuah data set huruf braille diambil, kemudian dianalisis karena setiap citra memiliki karakteristik sendiri-sendiri , setelah diketahui karakteristiknya kemudian diolah dan dilatih menggunakan metode yang bernama Naive Bayes.  Naive Bayes secara singkat merupakan metode klasifikasi prediksi.

“Dengan metode ini dapat ditentukan citra ini benar tidak menunjukkan karakter A,B,C dan seterusnya. Dari semua percobaan yang dilakukan, tingkat akurasinya mencapai 88%, hanya 12% yang tidak di kenali, jadi secara umum dapat dikatakan baik. Nanti kita bisa mengkonversinya dalam bentuk suara. Respon dikenali sampai keluar suara rata-rata adalah 5 detik” terang Bapak Elsen saat di konfirmasi di Fakultas Teknik Senin 10/9/2018.

Selama ini yang ada hanya dalam bentuk text saja, tetapi dengan penelitian ini orang tuna netra dapat mendengarkan melalui suara. Penelitian yang dikerjakan selama 5 bulan ini berupa software dan perangkat raspberry sebagai output audionya. Untuk harapan kedepannya bapak Elsen ingin aplikasi ini dapat digunakan untuk masyarakat tuna netra, sehingga mereka tidak lambat dalam menyerap ilmu pengetahuan karena dengan meraba akan membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu dengan sistem ini Bapak Elsen ingin masyarakat umum juga dapat mengetahui karya-karya orang tuna netra, misalnya mereka membuat sebuah buku, masyarakat bisa mengetahui artinya seperti apa.

“Saya mengucapkan terima kasih pada DRPM Kemenristekdikti yang telah mendanai penelitian kami sehingga penelitian ini berjalan dengan lancar, terima kasih juga kepada Untag Surabaya yang mendukung penuh penelitian ini dan semua pihak yang ikut serta dalam penelitian ini” tutupnya

Video 1

Video 2

Video 3

Video 4

An Empowering And Networking University

Contact Us

FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Telp. 031-5921516 ; email : teknik@untag-sby.ac.id

Statistik Pengunjung

00134315
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
324
483
1562
129394
8060
10826
134315
X

Right Click

No right click