Berita

Prodi Teknik Informatika Bekerjasama dengan MGT Buka Rekrutmen Alumni Bekerja di Jepang

Marimo Global Technology (MGT) membuka kesempatan bagi mahasiswa maupun alumni prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik UNTAG Surabaya untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dari tim perusahaan yang berdomisili di Tokyo, Jepang itu. Dalam program rekrutmen yang terlaksana pada Selasa hingga Rabu (5-6/11) kemarin, Manager HRD beserta tim berjumlah 4 orang terbang langsung dari Jepang untuk mencari tenaga ahli di bidang IT di Indonesia, salah satunya di UNTAG Surabaya.

“Ini merupakan pertama kali kami bekerja sama dengan perusahaan Marimo ini,” terang Geri Kusnanto, S.Kom., MM., Kaprodi Teknik Informatika UNTAG Surabaya saat ditemui diruang Q303 Gedung Prof. Dr. Roeslan Abdulghani, tempat Recruiting Seminar berlangsung. Geri mengaku, kegiatan ini merupakan kegiatan perekrutan alumni maupun mahasiswa semester akhir prodi Teknik Informatika untuk bisa bekerja di Perusahaan Jepang.

Sebelum menghadiri proses rekrutmen, alumni atau mahasiswa yang berminat untuk mendaftar hanya perlu mengakses website perusahaan dan mengupload data Curriculum Vitae masing-masing. “Nanti setelah itu pendaftar akan mendapat soal tes tulis dan juga wawancara langsung oleh pihak Marimo disini,” sambung Geri. Apabila berhasil diterima, calon karyawan akan mendapat training sekitar 1-2 bulan mempelajari bahasa Jepang. “Harapannya dengan ini kita bisa mengirim mahasiswa ataupun lulusan bekerja diluar negeri, meskipun banyak juga mahasiswa Teknik Informatika yang berkesempatan magang di Jepang,” ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Yasunori Tsuna, Manager HRD Marimo Global Technology itu menyampaikan bahwa perusahaannya merupakan salah satu cabang dari Marimo Group. MGT sendiri bergerak dibidang system development dan sangat terbuka bagi karyawan yang berasal dari luar Jepang. “MGT memiliki 15 karyawan yang berasal dari Tiongkok, 4 orang Vietnam, 2 orang Korea, 1 Filipina dan 1 orang Malaysia. Kami berharap akan ada karyawan yang berasal dari Indonesia,” tuturnya dengan senyum.

Dalam rekrutmen ini, ia mengatakan tengah mencari tenaga ahli dibidang IT, salah satunya melalui kampus Merah Putih ini. “Kami mencari tenaga kerja yang ahli dibidangnya, namun dari kami sangat menekankan tenaga kerja yang bisa bekerjasama dengan baik. Selain itu, menurut kami yang paling penting adalah bisa berkomunikasi dengan baik karena dalam perusahaan kami bekerja secara tim, komunikasi yang baik sangat dibutuhkan,” urainya. (ua)